Seruit, Menu Kuliner Lampung yang Legendaris Sepanjang Masa

  • Whatsapp
Seruit, Kuliner Khas Lampung
Seruit, Kuliner Khas Lampung/UniversitasMalahayati

Seruit merupakan salah satu makanan khas Lampung yang cukup legendaris sepanjang masa. Orang yang bertempat tinggal di provinsi Lampung pastinya mengenal kuliner yang satu ini.

Seruit biasanya disajikan dalam acara-acara besar keluarga, kumpul keluarga, acara pernikahan, acara adat serta acara keagamaan.

Bacaan Lainnya

Selain itu, seruit ini sudah menjadi makanan sehari-hari bagi masyarakat Lampung Pepadun.

Seruit ini terbuat dari ikan bakar dengan dicampur sambal terasi khas Lampung seperti sambal tempoyak, ataupun sambal mangga muda.

Pada umumnya, jenis ikan yang dipakai untuk pembuatan seruit ini adalah ikan yang beragam. Namun, yang paling sering dipakai adalah ikan baung, ikan balide, ikan layis, ikan layang, dan lain sebagainya.

Saat menyantap seruit ini akan lebih nikmat lagi jika dibersamai dengan menyantap lalapan segar agar lebih nikmat dan lezat. Adapun jenis lalapan yang sering dipakai bisa dari daun kemangi, putren/jagung muda, terong direbus/mentah, bayam, wortel, labu, daun muda jambu monyet, suring, pucuk daun pepaya muda, dan lain sebagainya.

Nah, bagi kamu yang sedang berlibur dan berkunjung/travelling ke provinsi Lampung, yuk cobain kuliner seruit Lampung yang legendaris ini ya, oke?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *