Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh Teks Biografi dalam Bahasa Lampung

  • Whatsapp

Teks biografi merupakan sebuah teks yang menceritakan tentang riwayat hidup seorang tokoh atau orang yang berpengaruh/fenomenal di dalam kehidupan masyarakat.

Teks biografi pada umumnya bertujuan untuk menceritakan kisah seseorang yang berpengaruh/fenomenal. Selain itu, bertujuan untuk mengambil pelajaran penting/positif dan berharga dari suatu tokoh, serta mengedukasi masyarakat terkait berbagai sisi dari sebuah tokoh.

Bacaan Lainnya

Masyarakat Lampung mempunyai segudang tokoh berpengaruh (biografi) seperti misalnya Pahlawan Raden Intan II, pengusaha sukses Bob Sadino, musisi sukses asal Lampung yaitu kengen band dengan vokalisnya adalah Andika, dan lain sebagainya. Anda juga bisa memberikan contoh tokoh-tokoh lainnya yang berpengaruh dalam bidang bisnis/enterpreneur, pendidikan, politik, agama, dan sosial-budaya. Di bidang politik misalnya biografi Ir. Soekarno, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), B.J habibie, dan Gusdur (Abdul Rahman Wahid). Dalam bidang pendidikan misalnya biografi Ki Hajar Dewantara.

Ciri-ciri/sifat/karakter teks biografi antara lain:

  • Memuat fakta yaitu ditulis dan disampaikan secara obyektif, naratif apa adanya, serta bukan berisi cerita fiktif belaka;
  • Struktur jelas, yaitu memiliki alur yang jelas dan tidak menimbulkan penafsiran ganda (salah tafsir);
  • Bahasa lugas, yaitu tidak terlalu menggunakan majas atau ungkapan yang membingungkan orang lain yang membaca biografi tokoh tertentu;

Struktur teks biografi antara lain:

  1. Orientasi: yaitu pengenalan dari suatu tokoh;
  2. Peristiwa dan masalah: yaitu bagian isi yang memuat masalah kecil seseorang hingga dewasa atau suka duka seorang tokoh hingga menjadi seperti sekarang ini;
  3. Re-orientasi: yaitu memuat kesimpulan terkait suatu tokoh dan penutup.

Contoh teks biografi dalam bahasa Lampung:

Ringkasan biografi Ir. Soekarno (bahasa Indonesia)
Ir. Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia yang biasa dipanggil Bung Karno. Beliau lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Semasa hidupnya, beliau mempunyai tiga istri dan dikaruniai delapan anak. Beliau berjasa mengusir penjajahan Jepang demi bangsa dan negara untuk kemerdekaan Republik Indonesia bersama Mohammad Hatta (Bung Hatta).

Ringkasan biografi Ir. Soekarno (bahasa Lampung)

Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia sai peghtama, sai biaso dijuluk Bung Karno. Beliau lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 khik meninggal dunia di Jakarta, 21 Juni 1970. Ayahni gelaghni Raden Soekemi Sosrodiharjo khik ibuni Ida Ayu Nyoman Rai. Semasa ukhikni, beliau ngedok telu kebayan khik dikaruniai walu sanak. Beliau berjasa nguser penjajahan Jepang demi bangsa khik negara guwai kemerdekaan Republik Indonesia jama Mohammad Hatta (Bung Hatta).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *