Mengenal Tempoyak, Kuliner Khas Lampung Dari Durian yang Difermentasi Menggunakan Bakteri

  • Whatsapp
Tempoyak makanan khas Lampung
Tempoyak makanan khas Lampung/Kulinerkhasnusantara

Tempoyak merupakan makanan khas Lampung yang menggunakan bahan dasar buah durian yang sudah matang. Untuk mendapatkan tempoyak yang bernilai gizi tinggi, maka daging buah durian harus difermentasi terlebih dahulu dengan menggunakan bantuan bakteri asam laktat.

Pembuatan tempoyak ini sangatlah mudah dilakukan. Pertama-tama, siapkan daging buah durian yang sudah matang, kualitas super dan tidak terlalu banyak airnya, sehingga anda perlu menyiapkan buah durian yang benar-benar pulen.

Bacaan Lainnya

Setelah itu, ambil daging buah duriannya saja, sementara bijinya dibuang. Selanjutnya daging buah durian ditambahkan sedikit garam (sesuai selera). Bisa juga anda menambahkan cabe rawit secukupnya. Apabila semuanya sudah dilakukan, maka anda bisa menyimpan tempoyak ini di tempat yang tertutup (tupperware yang ditutup rapat atau dimasukkan ke dalam kulkas). Tempat yang rapat ini akan mempercepat proses fermentasi buah durian. Proses fermentasi ini membutuhkan waktu kisaran 2-5 hari.

Setelah tempoyak terfermentasi sempurna, maka langkah selanjutnya adalah mengolah tempoyak dengan bahan lain.

Jika anda ingin membuat sambal tempoyak, maka dapat mencampurkan bawang merah, bawang putih, cabe yang dihaluskan/dipotong-potong, kemudian ditambahkan sedikit gula. Kemudian anda bisa menggunakan sambal tempoyak ini untuk disantap bersama menu kuliner lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *